Friday, September 30, 2011

Taman Nasional Gunung Ciremai Terbakar Kamis,

29 September 2011 19:53 WIB
Memasuki puncak musim kemarau, kebakaran kembali terjadi di kawasan hutan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC). Kali ini, kawasan yang terbakar terletak di Blok Lambosir dan Blok Depok Lemoh, Desa Setianegara, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan.

Di kedua blok tersebut, luas kawasan yang terbakar mencapai sedikitnya sepuluh hektare. Di Blok Depok Lemoh, kawasan yang terbakar sekitar enam hektare, sedangkan di Lambosir, hingga pukul 16.00 WIB, telah mencapai empat hektare

Camat Cilimus, R Kuntjoro, menjelaskan, kebakaran pertama kali terlihat di kawasan Blok Depok Lemoh sekitar pukul 10.00 WIB. Warga yang tergabung dalam Masyarakat Peduli Api (MPA), langsung berupaya memadamkan titik sumber api. ‘’Warga bergotong royong memadamkan api dengan menggunakan metode sekat bakar,’’ ujar Kuntjoro.

Adapun yang dimaksud dengan metode sekat bakar adalah membuat pembatas dengan dahan pohon basah. Dengan cara itu, maka kobaran api tidak meluas. ‘’Kalau langsung pakai air sulit karena medannya sangat terjal,’’ kata Kuntjoro.

Namun, saat upaya pemadaman di Blok Depok Lemah masih berlangsung, kebakaran serupa juga terjadi di Blok Lambosir yang berjarak sekitar dua kilometer. Karenanya, warga yang dibantu petugas dari TNGC dan koramil setempat pun harus harus dibagi dua. Mereka berusaha memadamkan api di kedua blok tersebut.

Kuntjoro menerangkan, penyebab kebakaran hingga kini belum diketahui secara pasti. Namun, musim kemarau yang panjang menyebabkan ilalang di kawasan tersebut menjadi kering dan bergesekan tertiup angin. ‘’Gesekan itu akhirnya bisa menimbulkan percikan api,’’ tutur Kuntjoro.

Sementara itu, Kepala Desa Setianegara, Tono Sartono, menambahkan, upaya pemadaman lebih difokuskan di Blok Depok Lemoh. Pasalnya, blok tersebut merupakan kawasan hutan Pinus dan berlokasi di tengah gunung.

Hingga berita ini diturunkan, api telah dapat dikendalikan. Namun, warga dan petuas masih terus bersiaga karena kepulan asap masih terlihat dari kejauhan.
sumber : republika

No comments:

Post a Comment