Friday, October 14, 2011

Tips dari BMKG, Hal yang Harus Diperhatikan Setelah Gempa

Jakarta - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat untuk waspada setelah gempa terjadi. Jangan terpancing berita-berita menyesatkan lewat SMS atau BBM. Ini tips yang harus dilakukan warga setelah terjadi gempa bumi.

"Cek kemungkinan bangunan retak, atau roboh. Periksa atap atau genting yang dapat membahayakan. Periksa pipa gas, sambungan dan air bocor," ujar Humas BMKG, Sutopo, dalam keterangan pers yang diterima detikcom, Jumat (14/10/2011).

BMKG juga mengimbau masyarakat yang tinggal di perbukitan atau lereng segera memeriksa adanya rekahan-rekahan pada lereng perbukitan yang dapat menyebabkan longsor. Pantau terus informasi dari BMKG, Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau pemerintah daerah.

"Lanjutkan aktivitas seperti sediakala serta tetap siaga," terang Sutopo.

Sutopo menjelaskan penyebab gempa bumi wilayah Bali, NTB, NTT, berasal dari selatan dan utara. Di selatan, pusat gempa berasal dari pertemuan lempeng tektonik aktif Indo Australia dan Eurasia. Setiap tahun bergeser sekitar 5-7 cm per tahun ke utara timur laut. Di utara terdapat terusan patahan di utara Flores.

Sumber : detik.com

No comments:

Post a Comment